Posted by : Aaaa 14 Apr 2015

Mengubah bahasa inggris kartu YGOPRO tidaklah mengubah semua otomatis kartunya, karena tiap kartu harus diedit satu per satu,mengingat jumlah kartu YGOPRO sekarang ada 9000+. Baiklah, tutorial ini mengajarkan pada anda cara mengakses database sekumpulan semua kartu di YGOPRO dengan mengubah teks / keterangan kartunya menjadi Bahasa Indonesia.
Berikut Tutorial melalui Video
Dan Berikut Tutorial gambarnya
1. Buka YGOPRO, lalu pergi Ke Deck Edit, Pada Deck Edit, Search sebuah kartu apa saja, misalnya contoh disini saya mau edit kartu "Dark Hole"
 
2. Bila sudah, lihat pada serial Number kartunya.
Serial Number Card
3. Terlihat bahwa serial Number dari kartu "Dark Hole" adalah 53129443
Serial Number ini akan kita gunakan untuk mencari kartu ini di database YGOPRO.
Sebenarnya kita bisa juga mencari melalui Nama, tetapi harus sesuai dengan huruf besar da huruf kecilnya, misal nama kartunya White, maka kamu harus mencari juga dengan nama yang sama White.
4. Dowload Program Sqlite Browser dan Instalkan sampe selesai, lalu buka programnya, kemudian Open Database seperti gambar dibawah ini 
SQLite Database Browser
5. Cari File cards.cdb di Folder YGOPRO kamu, karena saya menggunakan Installer saat menginstal YGOPRO, Foldernya ada di C:\Program Files\YGOPRO
Search cards.cdb
 6. Setelah terbuka, pergi ke Tab "Browse Data" lalu ganti Table : Datas --> Ke Table : Texts
Browse Data
7. Sudah terlihat semua tuh kartunya, tapi kita masih harus mencari kartu "Dark Hole", nah, sekarang letakan Search di kolom bawah Id, serial number "Dark Hole" seperti gambar dibawah ini :
Insert Serial Number on ID

8. Double klik pada kolom desc di tulisan kartunya, lalu taraaa, silahkan saja edit bahasanya menjadi Bahasa Indonesia..
Edit Card Text
9. Jika sudah, klik ok, lalu untuk menyimpan hasil editan anda, Klik File Write Changes.
Write Changes SQLite Browser
10. Lalu untuk melihat apakah editan anda sudah berkerja, tutup YGOPRO, lalu buka kembali, dan lihat kartu yang sebelumnya anda Edit tadi... Contohnya seperti ini.
Editing Sukses
 Feel free to ask here... apapun kebingungan anda,akan ditanggapi, jadi jangan sungkan untuk bertanya...
Extra Information :
- Risiko disaat kita sudah mengedit Bahasa kartunya, bila nanti YGOPRO akan memiliki update baru, YGOPRO akan menjadi bahasa inggris lagi, karena Update YGOPRO memiliki file cards.cdb baru, sehingga file database cards.cdb kamu akan terganti dengan yang baru.
- Jangan mengedit kolom lainnya, karena bisa berpengaruh pada program kartunya. Ex. String, Change dan lain-lain.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Nakushinta Blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -