Posted by : Aaaa 28 Agu 2014

Tahukah kamu, bahwa madu Asli tidak bisa basi ? hmm, padahal kalau kita lihat-lihat kalo kita membeli madu botolan pasti ada tanggal kedaluarsanya, kenapa ya ? Apa itu berarti madu yang dibeli itu tidak asli alias palsu yang dicampur oleh bahan-bahan kimia ? Waduh, kemungkinan besar begitu, karena memang berdasarkan penelitian makanan mentah ini memang sebenarnya tidak akan bisa basi.
Madu memang tidak bisa basi bila disimpan sampai  beribu-ribu tahun. Kok bisa ? Kenapa ? Karena  kandungan air pada madu sangat rendah, sehingga  bakteri pembusuk tidak bisa hidup didalamnya. Lebah  memiliki peranan penting. Sari bunga (Nektar) yang  dihisap lebah akan bereaksi dengan zat kimia dalam  perut  lebah. Nah, dari situlah akan tercipta madu yang  tahan lama.

Madu Palsu Bisa Basi !!
Madu alami atau asli harus benar-benar murni dari alam. Secara alami yang dibuat oleh lebah. Kalau madu palsu yang terdapat dipasaran itu bisa basi !!Madu palsu adalah madu campuran. Madu buatan yang dibuat dengan campuran air, gula, peras, pewarna buatan serta zat kimia lainnya. Kalau lebih amannya, coba aja langsung beli madu yang langsung berasal dari sarang lebahnya, tapi lebahnya jangan dibeli juga, hahaha. :D

Cara menyimpan Madu agar awet bertahun-tahun
1. Disimpan diwadah kering dan tertutup
Hal yang wajib bila ingin menyimpan madu tetap awet. Simpan madu ditempat yang kering dan tertutup. Wadah  harus benar-benar kedap udara dan kedap air. Sebaiknya madu juga jangan disimpan didalam kulkas. Gunakan sendok kayu atau plastik saat mengambilnya, Jangan gunakan sendok logam karena akan mempengaruhi kemurnian madunya.

2. Simpan pada tempat pada suhu 5-27 derajat celcius
Pastikan disimpan dalam keadaan udara kering dengan kelembaban tidak melebihi dari 20 %. Suhu yang terlalu tinggi akan menghilangkan sifat antibakteria semulajadi di dalam madu.

3. Mengekalkan khasiat madu yang disimpan
Jika madu yang disimpan membeku, cara mencairkannya kembali adalah dengan cara meletakan bekas madu didalam air panas yang suhunya tidak lebih dari 40 derajat celcius. Jika suhu terlalu tinggi, khasiat madu akan hilang. 


{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Nakushinta Blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -